Monday 4 February 2013

Contoh hubungan sel dan jaringan...

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari mahluk hidup seluler.

Contohnya: Sel Epitel selapis silindris bersilia

Jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Contoh: kumpulan dari Sel Epitel selapis silindris bersilia akan membentuk Jaringan epitel

sistem organ merupakan kumpulan dari beberapa organ yang bekerja sama dalam melakukan fungsi tertentu pada tubuh makhluk hidup.

Epitel  jenis ini banyak terdapat di   saluran pernapasan, karena struktur sel epitel selapis silindris bersilia sangat cocok untuk melakukan fungsinya yaitu sebagai pencegah benda asing masuk kedalam paru-paru (menyaring udara yang masuk). Silia biasanya bergerak dalam satu arah dalam pola seperti gelombang, yang memungkinkan sel untuk menyapu zat asing (debu, virus, dan bakteri), mengarahkan aliran partikel, dan membuat arus. Kumpulan dari sel epitel selapis silindris bersilia ini akan membentuk jaringan epitel yang melapisi seluruh saluran pernapasan, sehingga dapat meminimalisir debu, virus, dan bakteri yang akan masuk.

Adapun organ-organ yang terlibat dalam sistem pernapasan adalah  rongga hidung, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. Hampir semua saluran pernapasan dilapis oleh jaringan epitel silindris bersilia dan diantara sel epitel ini terdapat sel goblet dan kelenjar serosa yang bertugas untuk mensekresi mucus agar saluran pernapasan senantiasa lembab.

Kesimpulannya : saluran pernapasan pada sistem pernapasan dilapisi oleh jaringan epitel silindris bersilia yang silianya berguna untuk menyapu/menghalau benda asing (debu, virus, dan bakteri) masuk ke dalam  paru-paru.

 

No comments:

Post a Comment